Jumat, 13 November 2020

KONTROVERSI HARI BATIK NASIONAL






TENUN IKAT DARI FLORES TIMUR


Kain tenun ikat Flores Timur.




























Sayang sekali kalau di Negri ini hanya menyelenggarakan Hari Batik Nasional. Indonesia terdiri dari banyak pulau. Dan semuanya pasti memiliki kain tradisional. Batik identik dengan pulau Jawa, lalu yang menjadi problemanya, kenapa batik bisa dijadikan kain nasional.? Bagaimana dengan daerah lainya. Apakah hal itu bisa dikatakan nasional jika hanya mengambil dari pulau jawa saja. Ku sarankan kepada pemerintah agar mengganti Hari Batik Nasional menjadi Hari Kain Tradisonal Se-Indonesia. 

Tentu hampir setiap daerah di Negeri ini mempunyai kain tradisional atau kain khas daerah. Begitu juga di daerah paling ujung timur pulau Flores, tepatnya kabupaten Flores Timur (FLOTIM), NTT. Di FLOTIM sendiri mempunyai beragam-ragam kain tenun ikat yang khas dari setiap daerah. Yang sampai dengan saat ini masih dikenakan oleh masyarakat setempat.



Tenun Ikat Yang Masih Anggun Ditubuh

Kain tenun ikat yang dikenakan oleh wanita muda Flores Timur.
Previous Post
Next Post

Nama lengkap Vinsensius Yohanes Pa' Tukan.,biasa dipanggil Owen atau NoPa' . Lahir dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi, dan bisa melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi, hal ini menyebabkan saya bertekad untuk bisa menjadi orang yang lebih bermakna bagi siapapun, terutama bagi keluargaku (bapak, mama, kakak dan adik ) yang selalu memberikan dukungan penuh di dalam hidupku selama ini. kataku " Hadapi Dengan Senyuman "

0 Comments: